cara berbisnis tanpa modal

4 Cara Berbisnis Tanpa Modal Yang Perlu Anda Cermati

Cara berbisnis tanpa modal, seohero4.info. Pernahkah mendengar peluang usaha tanpa modal? Mendengarnya tentu akan muncul rasa tidak percaya dan ragu, sebab secara logika menjalankan usaha model apapun modal tetap diperlukan. Pada aktualnya, membuka usaha di zaman canggih seperti sekarang memang bisa dilakukan tanpa modal dan kesempatan ini terbuka bagi siapa saja. Mayoritas bisnis atau usaha yang tidak memerlukan modal hadir lewat dunia virtual atau internet, peluangnya besar dan jenis usahanya banyak.

Jadikan modal sebagai pelengkap usaha

Modal memang sejak zaman dulu bahkan sampai detik ini menjadi salah satu pondasi dasar suatu usaha bisa dijalankan. Tidak akan ada yang memungkiri kenyataan tersebut, pasalnya usaha skala kecil misalnya berjualan. Anda akan butuh modal supaya bisa menjual suatu produk, entah produk buatan sendiri ataupun menjual produk sudah jadi. Berjualan gorengan saja misalnya, Anda butuh modal bahan baku dan jika kulakan Anda kadang tidak bisa berhutang.

Nah, mana mungkin modal tidak diperlukan? Jawabannya mungkin saja, namun pola pikir Anda baiknya lebih dibuka lebar-lebar. Sebab secara Ilmu Ekonomis modal diartikan sebagai pengorbanan pelaku usaha, artinya pengorbanan tidak harus dalam bentuk uang. Modal bisa dijadikan sebagai pelengkap karena Anda bisa membuka usaha bermodalkan:

• Tenaga, tanpa uang tenaga bisa dipakai untuk menggeser posisi uang.
• Kemampuan meyakinkan pihak lain supaya terbentuk negosiasi saling menguntungkan.
• Manfaatkan jaringan, teman yang dekat biasanya bisa menjadi partner usaha yang ideal.
• Dan lain sebagainya.

4 hal cara berbisnis tanpa modal

Cara menekan kebutuhan menjadi salah satu faktor penting dalam berbisnis tanpa modal.

Supaya tidak salah kaprah dengan persepsi istilah peluang usaha tanpa modal, maka kenali dulu apakah modal dalam usaha sebenarnya. Ketika uang yang dimiliki minim maka kembangkan modal non uang yang Anda miliki secara optimal. Tekan pengeluaran modal uang dengan beberapa teknik berikut:

1. Manfaatkan tenaga Anda secara maksimal.

Tenaga yang Anda miliki mampu dikembangkan menjadi modal misalnya saja Anda tertarik dengan bisnis kerajinan tangan. Minimnya modal bisa membuat Anda berusaha memakai barang bekas di rumah lalu dikreasikan, usai laku uangnya diputar untuk tambahan modal.

2. Pinjam produk jualan orang yang Anda kenal.

Upaya lain yang terbilang efektif untuk menekan keluarnya modal uang adalah dengan meminjam produk jualan. Misal ada tetangga yang berjualan makanan kering, pinjam saja beberapa produk jualannya lalu jajakan di tempat lain bahkan bisa dijual lewat internet. Harganya bisa Anda tambah supaya menjadi sumber pemasukan, cara seperti ini memungkinkan Anda menjalankan usaha namun tanpa modal.

3. Jadilah pengusaha sukses dari dunia maya.

Internet menjadi media yang sangat membantu bagi siapa saja untuk menekuni usaha tanpa mampu menyediakan modal uang. Anda bisa mencoba berjualan online dengan sistem dropship sehingga menawarkan produk jualan. Namun sekedar menerima uang, dan barang akan diproses oleh penjual utama sampai ke tangan pemesan. Ada banyak profesi online memanjakan calon pengusaha yang kantongnya kering, mulai dari penulis, blogger, artis sosial media, dan sebagainya.

4. Pertimbangkan meminjam modal dalam bentuk barang.

Tanpa uang Anda tidak bisa menjalankan usaha. Apakah yakin demikian? Zaman sekarang prinsip seperti ini sepertinya sudah tidak berlaku lagi. Sebab Anda bisa memulai usaha meski uang zonk di kantong. Anda tentu bisa mencoba mengajukan keahlihan Anda. Setelah itu Anda bisa menawarkan pinjaman dalam bentuk barang. Misalnya saja, punya keahlian membuat kue kering tentu ini bisa salah satu strategi Anda. Pinjam bahan adonan ke toko seberang rumah, saat laku pinjaman dikembalikan. Produksi selanjutnya bisa mengandalkan sisa keuntungan, Anda pun sudah memanfaatkan peluang usaha tanpa modal. Modal usaha nihil, tentu keahlian jangan ikut nihil juga yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.